Biar nggak mageran dan nunda bikin pr

 Ini judul terinspirasi dari diri sendiri yang sekarang di masa pandemi ini struggle banget tentang waktu belajar. 

Belajar di masa pandemi ini menurutku tidak sebaik bertemu langsung. Dulu aku pikir bahwa belajar dari rumah itu enak, santuy, seru.. Eh ternyata makin ke sini makin nyesek karena nggak ngerti :v

Ditambah lagi waktu belajar yang terbatas, kalau di sekolah ku guru maksimal menggunakan zoom itu 40 menit doank.. Bayangkan menjelaskan logaritma, dll.. Tidak semudah itu pahamnya. 

 Serta di rumah itu tidak seperti suasana sekolah yang bertemu teman dan interaksi yang dihasilkan pun komunikatif, dan mau tidak mau mengharuskan kita menjadi produktif. Memerhatikan, dst. Kalau di rumah mungkin males malesan, rebahan, liat pr nanti aja, zoom kadang ikut kadang kagak, yah kali gitu efektif. 

 Tidak menyalahkan pemerintah sama sekali, karena kita tahu si Vivid ini tidak mudah untuk ditangani. Dan pemerintah kita bukan orang orang bodoh yang tak paham situasi, pasti selalu ada inisiasi untuk membangun negeri. Mereka paham kok, pelajar itu sedih dan bosan di rumah, mereka sadar kok kurangnya efisiensi belajar di rumah
 Kondisi ini mengajarkan perjuangan sebenarnya tentang perlawanan malas VS waktu luang. Kondisi ini mengajarkan kepada kita, sulitnya bila kita tak memiliki guru pembimbing, belajar jadi ngawur dan merasa 6 bulan ini tak ada yang masuk ke otak. 

 Kondisi ini memerlukan kita untuk mengatur waktu, teruslah bergerak ingat masa depan kita. 

 Sedikit tips dari aku ketika malas ngerjain pr. 
1) Pasang target
Ini super banget sih... Aku journaling atau buat to do list aku pada hari itu. Ntar aku conteng kalau sudah selesai dan kalau aku silangin berarti aku akan ngehukum diri aku sendiri (hukuman ya sedang, misal nggak boleh main instagram 3 hari). Nah di situ aku tulis bahwa pr yang aku akan selesaikan itu pr apa saja. 
2) Jauhi distraksi and fokus sama goal
Jauhi hp atau blok apps sosmed kamu biar nggak timbul notifikasi nakal pemecah fokus mu. Ingat belajar untuk ilmu bukan nilai. Jadi harus serius. Kalau aku paling demen gunain teknik pomodoro (25 menit belajar 5 menit istirahat) Nah kalau istirahat, jangan gunain hp sebagai media hiburan atau main game nanti terus terusan ikut alur keasikan... 

3) Tentukan prioritas 
 Biasanya pr itu kan ada tenggat nya nah kita selesaikan sesuai yang paling urgent(mendesak). Lalu seterusnya dan seterusnya 

4) Beri hadiah
Kasih hadiah ke diri sendiri bila sudah nyelesain targetan pr. Misal oh nanti aku bakal beliin diri ku sendiri es boba karena aku sudah ngerjain pr PKN. Jangan lupa less waste yah. Pake sedotan stainless, hihi #anakgogreen
5)Sekarang / nanti sama saja
Yah sekarang atau nanti, pasti pr nya juga akan selesai tapi.. Kalau nanti.... pr nya nggak selesai sekarang dan semakin lama berada di bawah bayang bayang pr, pr, pr, pr, pr. Hihi... 
Belum lagi hari berikutnya bertambah lah pr itu 

6) lihat aja 7 detik
 Ini tips dari seorang Youtuber. Beliau mengatakan kalau kita ingin ngerjain /ngambil sesuatu tapi mager, inget aja!. Lihat benda itu selama 7 detik lalu segera mengambilnya. 7 detik pandangin, amati, terus, terus, selama 7 detik.. Jangan sampe ketiduran 

So jangan nunda nunda yah



Komentar

Postingan Populer