Pembelajaran dari Tahun ajaran kemarin

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo sobs apa kabs? Hari ini gw bakalan curhat sedikit di sini yah wkwk. 

Gimana nih pembagian rapot di sekolah. Heheh sebenarnya gw terlambat bikin blog yang sesuai dengan tema ini yah 🤭. Oh yah di next topik gw bakalan buat tulisan mengenai perspektif gw tentang nilai rapot. Apa bener sukses = ranking?. Kayaknya nggak muat kalau dibahas dalam satu space. Ditunggu yah 😁😎

 Jadi menurut gw ada banyak bahan evaluasi dari semester kemarin. Sekiranya ini dapat membantu teman teman menambah insight yah. Dan jg gw bakalan kasih pola pikir baru yang gw dapetin setelah melakukan kontemplasi. So cikidot!

1) RUTINITAS
 - Habits gw rusak pas awal awal daring. Gw terlalu santuy dan nggak membedah materi secara benar. Yah istilah nya tuh glimpse (sekilas) doang. Nggak di-review lagi. Istilah lainnya itu " tahu tapi nggak paham". Yang nantinya ini akan benar benar berpengaruh ke nilai akhir gayz.

 Dan yah di semester ke 2, gw mencoba untuk rutin belajar. Dan mencoba memahami materi dengan "bijak". Setiap hari belajar jadi nggak keteteran pas ujian. Dan alhamdulillah nilai gw memuaskan. Gw jadi nggak perlu maksa otak gw 2-5 X lipat berpikir karena gw udah "nyicil" pemahaman. Jadi belajar harus menjadi rutinitas. Selain itu ada habits lain yang harus dibentuk loh contohnya di bawah yah👇

 - Bangun pagi. Jangan bangun kesiangan terus yah, ikuti semua kelas zoom. Itu berpengaruh banget ke absensi. Setel alarm jam 04.00 bangun tahajud sambil nunggu subuh coba belajar materi yang kiranya akan diajarkan di kelas zoom. Biar kita jg bisa aktif menjawab😊. 

 - Planning. Buat to do list pekerjaan apa yang pengen temen temen selesaikan hari itu. Hidup akan lebih terorganisir dan lebih sistematis sehingga tahu hari itu waktu teman teman sudah sebermanfaat apa. Nggak cuma diem diem wae. 

 - olahraga, kurangi junk food. Makanan instan memang sedap tapi nggak bergizi. Kalau dipikir pikir kita makan buat rasa atau energi sih?. Walaupun gw jg seneng makan makan junk food tapi gw merasa pandemi ini membuat gw memakannya secara agak berlebihan. Jadi yah habits ini harus bener bener di-cut

 2) TOO MUCH 
Yang selanjutnya adalah too much. Peralatan tulis gw terlalu banyak. Brushpen, sticker,dll Memang sih akan berpengaruh ke mood belajar kita. Namun salahnya di gw adalah gw terlalu banyak membeli peralatan tulis yang hanya berfungsi sebagai "hiasan". Jadi terkesan "boros" padahal dananya bisa alokasikan ke yang lain loh. 

 Dan filosofi estetik terhadap catatan. Terkadang jg  bisa bikin gw merasa terdistraksi karena terlalu menumpuk. Dan kadang waktu terbuang lama hanya untuk menghias 😅. 
Gw buka online store di instagram . Dan sebelum pembeli gw membeli. Gw jg selalu menyarankan agar beli yg perlu saja jangan nafsu mata 😂. 

 Jadi saran gw "being A minimalis". Beli yang perlu saja kagak usah berlebihan. Kita lebih perlu esensi dibanding pernak pernik. 

3) Seluw ae. 
 Jangan bandingin proses pembelajaran kita dengan orang lain. Ada orang yang 1 kali mencoba langsung bisa, ada yang perlu 2x baru tembus, ada yang perlu 3X baru dapet, ada yang perlu 1000 kali baru goal. KAMU NGGAK TERLAMBAT KOK

 Memang perlu goal dan perlu adaptasi. Semua orang punya cara masing masing. Dan kamu dengan cara mu. Cara orang lain bisa menjadi referensi, tapi hanya diri mu yang benar benar tahu determinasi. Boleh menjadikan orang lain inspirasi tapi jangan jadikan patokan yah. 

 Nanti capek sendiri. Kamu dan dia nggak sama. Kamu adalah kamu. Dan kamu cuma satu di dunia. Hidup ini nggak melulu tentang siapa deluan yang nyampe garis finish kok, hidup ini tentang menikmati dan memahami. Live in present. Kamu nggak perlu pengakuan orang lain tentang nilai di diri kamu. Mereka hanya tahu sedikit dan kadang berlebihan :j

 Hidup ini ibaratkan marathon bukan tentang seberapa cepat kita berlari tetapi seberapa konsisten kita bergerak untuk mencapai tujuan. 

CEMUNGUT YAH KU YAKIN KAMU BISA 😍




Komentar

Postingan Populer