3 HABITS THAT CHANGED MY LIFE

 Holla epribadeh.. Opo kabare? Moga sehat sehat yahhh. Udah lumayan lama gw nggak nulis blog. Udah... Bilang aja pada rindu kan sama gw😏 Bohong dosa loh!... Hahahahah

Kali ini kita bakal bahas mengenai habits. Ngiming ngiming soal habits. Gw pernah baca di suatu buku populer yaitu atomic habits. Di buku itu dituliskan begini :
"Researcher Estimate that 40 to 50 percent of our actions on any given day is done out of habits." Berarti dapat dibayangkan kalau habits kita males malesan, cuma 3M
-main - makan -tidur. Itu sama saja kita memangkas separuh hari dengan kesia-siaan. Haduehh sayang sekali.
 Maka dari itu kunci hidup yang produktif tentunya bertumpu pada habits (kebiasaan). Kita tentunya nggak mau menjadi gitu gitu aja. Nggak ada perubahan atau malah hidupnya tambah dark bukan?. 

 Memperbaiki habits pada awalnya cukup sulit. Disebabkan hal yang berulang ulang kita lakukan telah menjadi suatu hal yang "auto"
tanpa perlu lagi diperintahkan. Kayak misal kita haus kita auto nyari minum bukannya malah ngedance atau freestyle wkwk. Begitulah kira kira.

 Namun kalau habits itu kita perbarui ke arah yang lebih positif maka results nya akan menjadi hal yang sangat menguntungkan kita. Kita jadi tambah positif, jadi siap menghadapi hari, pekerjaan beres, hidup nyaman dan berbahagia. Yang terpenting ialah konsisten dan bagaimana membuat habits terlihat mudah.

 Gw bakal sharing habits yang menurut gw berdampak sangat besar dalam kehidupan gw. Mau tahu apa aja..  skuyyyy

1.Bangun Pagi (before subuh)
 Nah ini adalah kebiasaan orang orang sukses niehh. Bangun pagi. Memulai hari lebih awal akan membuat diri untuk lebih bersiap dan melakukan lebih banyak pekerjaan terlebih dahulu sebelum fajar menyingsing ( azek menyingsing :v).

 Sebagai umat muslim juga ada amalan khusus sebelum shubuh yaitu salat tahajjud. Di mana saat sepertiga malam, Allah turun ke langit dunia untuk menjawab semua doa hamba hambaNya.
 Ini kesempatan yang teramat besar dan peluang agung agar doa lebih cepat terkabul. Di saat orang pada turu kita mengambil wudhu. Menengadah, bersimpuh agar senantiasa diberikan keberkahan, dan diijabah segala permohonan dengan cara terbaik menurutNya. Dia malu bila tidak mengabulkan doa hambaNya (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Habis selesai segala macam ibadah( salat shubuh,baca Qur'an, dzikir pagi), lo bisa melakukan aktivitas lain yang lo prioritaskan di hari itu. Nah tapi kalau pagi pagi gw saranin nggak usah dulu buka WA atau sosmed, buka hal hal yang berbau ilmu. Contohnya nieh buka Spotify lalu cari podcast menambah wawasan atau dengerin kajian... Okei okei.

 Habits bangun pagi ini udah diterapkan oleh banyak orang orang sukses di seluruh dunia. Contohnya nih Pak Obama, Bill Gates,dll. Kalian harus juga yahhhh

2. Baca Buku
 Ini ngaruh banget asleee... Soalnya saat baca buku rasa keingintahuan kita itu membuka pintu pintu bergerak lainnya gitu loh geyz.

 Kita akan selalu ingin bergerak dan mencontoh perilaku positif para pendahulu kita. Pokoknya jangan banget lewatkan baca buku. Benar benar sisihkan waktu untuk ini.
Targetkan misal di awal awal kalau belum terbiasa ya 5 lembar dulu jangan langsung menargetkan khatam GT frenzzz.
 Membaca buku akan senantiasa menjaga kewarasan mu di dunia yang kacau. Pikiran yang semerawut ataupun menambah inspirasi bagi diri mu. Yuks baca buku.

 Tips dari aku biasakan dulu dari satu genre yang menjadi lirikan mu pribadi. Misal kamu suka novel misteri yah baca novel dulu, jangan ujung ujung baca buku yang membahas psikologi dengan kompleksitas yang tak mampu ditelan sekali duduk.....Nanti aqyu juga bakal sharing buku favorit aqyu yahhhh

3. Journaling
 Banyak banget tipe journal sebenarnya. Salah satunya journal tradisional yaitu nulis diary. Gw dari SD disuruh emak gw untuk selalu menulis diary setiap hari. Bagaimana perasaan gw, ketika gw kesel gw tulis semua (ujung ujungnya dibaca emak gw 😭.. jadi gw beli yang ada gemboknya)

 Ini bakal mengurangi gap antara apa yang kita pikirkan dengan realita sehingga tidak menumpuk pada satu titik. 

Ketika lagi marah dan kesel gw luapkan semua emosi gw dengan menulis. Gw ceritakan semua perasaan gw dan yah itu bikin lega banget.

 Gw sarankan Lo punya satu buku khusus untuk itu.. Nggak usah dulu yang bullet journal atau yang dihias hias cukuplah yang simpel dulu dan konsisten. Kalau Lo lagi mager ya udah skip dulu aja tetapi jangan sampe berhenti. 

 Oh ya nantiiii..  Lo bisa baca ulang isi pemikiran Lo dan bakal bikin ngakak GT🤣. Apalagi baca yang pas Lo marah marah wkwkwkwk.... Hadueh sisi dark nya keluar semua.. Menurut gw itu lebih bagus daripada ngata ngatain atau ngeghibahin orang. Heheheh.. cemungut

 Intinya habits itu repetisi.. konsistensi akan membentuk kebiasaan. Maka kebiasaan yang baik perlu dibiasakan. Karena untuk mendapatkan sesuatu yang baik perlu mengerahkan sesuatu yang terbaik.... Nggak ada yang mudah.. nggak akan ada. Kita yang pilih kita mau berjuang di mana. Pada lini kebaikan atau malah pada suatu keburukan....Okeiiii ganbareeee 🔥🔥🔥. 

Komentar

Postingan Populer